Mengenal Penafsir Nusantara "KH. Abdur Rauf Singkel"

Biografi Penafsir 

1. Asal Usul Abdur Rauf Singkel 

Abdur Rouf adalah seorang  Mufassir  kebanggan melayu. Tanah kelahirannya adalah Fansur, Sinkel, Wilayah pantai barat laut Aceh.  Nama Lengkapnya adalah ‘Abd al-Ra’uf bin ‘Ali al-Fansuri al-Sinkili. Tidak ditemukan secarapasti tahun kelahirannya. Hanya saja mengikuti penghitungan mundur Rinkes, sebagaimana disinggung Azyumardi Azra dalam Jaringan Ulama, As singkili lahir pada 1024 H/1615 M. Oleh sebagian besar sejarawan, tahun tersebut disepakati sebagai tahun kelahirannya. 
Menurut Hasjmi, nenek  moyang As Singkili  berasal dari Persia yang dating ke kesultanan Samudra Pasai pada akhir abad ke !3. Mereka kemudia menetap di Fansur, sebuah kota pelabuhan tua yang penting di Pantai Sumatra Barat. Lebih jauh dia mengatakan ayah As Singkili adalah kakak laki-laki dari Hamzah AlFansuri. Daly sebaliknya menyatakan bahwa ayah As Singkili ayah Syekh Ali Al Fansuri yang mana adalah seorang arab. 
 
2. Pendidikan Beliau 

Pendidikan As Singkili dimasa kecil ditangani oleh ayahnya, seorang Alim pendiri madrasah. Murid-murid madrasah ini berasal daei berbagai pelosok Kesultana Aceh. Usai dari pengajaran ayahnya , ia bertolak ke banda aceh untuk belajar kepada Syamsuddin As Sumatrani, pada tahun 1052 H/ 1642 M beliau mengembara ke Tanah Haram untuk menambah ilmu pengetahuan sekaligus menunaikan ibah haji.
Dalam perjalannya As Singkili singgah di beberapa tempat, Mulai dari Dhoha dan Qatar, untuk belajar kepada Abdul KArim Almawrir. Lalu ke Yaman dan belajar kepada jajaran ulama disana yang bermarga Jam’an. Setelah dari Baitul Faqih, beliau menimba ilmu di Jeddah , belaiu disana belajar pada Abdul qadir Albakholy. Terakhir ia terdampar di Madinah untuk menyerap pengetahuan dari Ahmad AlQusyairy dan Ibrahim Alkurany. 

3. Wafat 

Pada Tahun 1584 H/ 1661 M,  As Singkily mudik ke Aceh, Dalam waktu singkat karisma As Singkily mencuat dan mampu menarik simpati Sultanah Safiyyatuddin yang memerintah kesultanan  Aceh pada masa itu tahun 1645-1675 M , As Singkily kemudian diangkat sebagai Qadi Malik Al Adil atau mufti yangt b ertanggung jawab atas masalah masalah keagamaan. Pada tahun 1693 M ,ia wafat dan dikebumikan di samping makam teungku Anjong yang dianggap paling keramat di Aceh.   Di muara sebuah sungai Aceh, hingga ia dikenal pula sebagai Syeikh Kuala atau Teungku di Kuala.
Untuk mengenang jasa-jasanya, pemerintah Nanggroe Aceh Darussalam mengabadikan  namanya pada perguruan tinggi dengan nama Universitas Syeikh Kuala Banda Aceh. Adapun karya-karya yang dihasilkan oleh Syeikh Abdur Rauf as-Singkili tidak terbatas pada satu bidang saja, sebagian ahli mengatakan bahwa karyanya berjumlah 21 buah. Satu berbentuk Tafsir, 2 kitab Hadis, 3 kitab Fiqih dan 15 kitab Tasawuf. 

4. Karya-karya beliau 
Berikut ini karya-karyanya:
1. Daqa’id al-Huruf.
2. Tafsir Baidhawi (Diterbitkan di Istambul).
3. Mirat at-Tulab fi Tashil Ma’rifah al-Ahkam asy-Syar’iyyah li al-Malik al-Wahab (Bahasa Melayu).
4. Umdat al-Muhtajin ila Suluki Maslak al-Muftadin.
5. Tanbih al-Masyi al-Mansub ila Thariq al-Qusyasyi (Bahasa Arab).
6. Bayan ar-Arkan (Bahasa Melayu).
7. Bidayah al-Balighah (Bahasa Melayu).
8. Sullam al-Mustafiddin (Bahasa Melayu).
9. Piagam tentang Dzilkir (Bahasa Melayu).
10. Tarjuman al-Mustafid bi al-Jawy.
11. Syarh Latif ‘ala Arba’ Hadisan li al-Imam an-Nawawi (Bahasa Melayu).
12. Al-Mawa’iz al-Ba’diah (Bahasa Melayu).
13. Kifayat al-Muhtajin.
14. Bayan Tajali.
15. Syair Ma’rifat.
16. At-Tarikat asy-Syattariyah.
17. Majmu’ al-Masail.
18. Syamsu al-Ma’rifat. 

B. Pemikiran As- Singkily 

a. Tasawwuf
Dalam banyak tulisannya, Abdul  Rauf Singkel menekankan tentang terndensi tuhan diatas makhluk ciptaannya. Ia menyanggah pandangan wujudiyyah yang menekankan imanensi tuhan dalam makhluk ciptaannya. Dalam karyanya yang berjudul Kifayat almuhtajin, Abdur Rouf berpendapat bahwa sebelum tuhan menciptaka alam semesta, Allah menciptakan Nur Muhammad dan inilah tuhan menciptakan permanent archetypes ( al a’yan Al khorijiyyah). Abdur Rouf menyimpulkan bahwa walaupun A’yan alkhojiyyah adalah pancaran dari wujud yang mutlak, ia tetap berbeda dari tuhan. Abdur Rouf mengumpamakan perbedaan ini dengan tangan dan bayangannya. Walaupun tangan sangat sukar untuk dipisahkan dari bayangannya, tetapi bayangan itu bukanlah tangan yang sebenarnya.
Secara umum, Abdul Rauf ingin mengajarkan harmoni antara syariat dan sufisme. Dalam karya-karyanya ia mengatakan bahwa tasawwuf itu harus bekerjasama dengan syariat. Hanya dengan kepatuhan total terhadap syariatlah maka seorang pencari di jalan sufi dapat memperoleh pengalaman hakikat yang sejati. 

b. Syariat
Abdur Rauf Singkel  juga menulis kitab dalam bidang syari’at yang terpenting adalah Mirat At Tulab fi Tashil MA’rifah Al Ahkam Al Syari’ah lil Malikul Wahhab. Kitab ini merupakan kitab melayu terlengkap yang membicarakan Syari’at. Dalam kitabnya, Abdur Rauf tidak tidak membicarakan fiqih ibadah, melainkan tiga cabang ilmu hokum islam dari madzhab Syafi’I, yaitu hukum mengenai perdagangan dan undang-undang sipil atau kewarganegaraan, hokum perkaiwnan dan hokum tentang jinayat atau kejahatan. 

c. Sastra
Abdur Rauf Singkel merupakan penerus tradisi penulisan “Syair religious mistik”. Dalam syair-syairnya Singkel menegaskan tentang  sifat kekekaln tuhan di satu pihak, dan sifat kemakhlukan manusia di pihak lain, yang menyebabkan adanya perbedaan mutlak antara keduanya. Jadi, karya sastra Abdur Rauf Singkel yang berupa syair ini masih memiliki hubungan yang sangat erat dengan keyakinan tasawwufnya.  
 
C. Tafsir Tarjuman Al- Mustafid 

Kitab tafsir Tarjuman Al- Mustafid ditulis dengan bahasa Melayu- Jawi lengkap tiga puluh juz. Tidak ada sumber yang menyebutkan secara pasti tentang tahun penulisan tafsir ini karena Al-Sinkili tidak menuliskan tahun penulisan di dalam tafsirnya. Namun, dalam penelitiannya Riddell seperti yang dikutip Azra menegaskan bahwa salinan paling awal yang  kini masih ada dari Tarjuman Al- Mustafid berasal dari akhir abad ke 17 M dan awal abad ke 18 M. Edisi-edisi cetaknya diterbitkan tidak hanya di Singapura, Penang, Jakarta, dan bombay, tetapi juga di Timur Tengah. Di Istanbul, diterbitkan oleh Mathba’ah al-‘Ustmaniyyah pada tahun 1302/1884 (dan juga pada 1324/1904); dan dikemudian hari juga di Kairo (oleh Sulaiman al-Maraghi), dan di Mekkah (oleh al-‘Amiriyyah). Edisi terakhirnya diterbitkan di Jakarta pada tahun 1981, edisi inilah yang menjadi objek material tulisan ini. 
 
D. Latar belakang penulisan Tafsir Tarjuman Al Mustafid 

Mengenai kitab Tafsir Turjumun al-Mustafid tidak ada kenyataan yang tepat  untuk menunjukkan sebab musabab disusunnya kitab Tafsir Turjumun al-Mustafid tersebut. Namun apabila ditelusuri secara historis suasana masyarakat Aceh ketika itu, mereka  emang sangat berhajat kepada bahan rujukan agama yang berbahasa Melayu. Wujudnya kekacauan dan kekeliruan yang terjadi pada masyarakat saat itu disebabkan oleh tafsiran-tafsiran secara batin yang dilakukan oleh golongan Wahdatul Wujud. Semuanya ini meningkatkan keperluan masyarakat kepada tafsir berbahasa Melayu. Lantaran itulah Abdurrauf al-Singkili berusaha menyusun sebuah kitab tafsir berbahasa Melayu bagi membantu masyarakat untuk lebih memahami ajaran Islam. 
 
E. Status Tarjuman al-Mustafid 

Para pengkaji berselisih pendapat tentang status Tarjuman al-Mustafid kepada dua pendapat iaitu :
Pertama: la adalah terjemahan daripada Tafsir al-jalalayn. Antara mereka yang berpendapat demikian ialah Peter Riddel dan Salman Harun. Riddel dalam kajiannya telah merumuskan bahawa Tarjuman al-Mustafid berorientasikan kepada dua bentuk ambilan iaitu:
1. Ia adalah terjemahan daripada Tafiir al-jalalayn.
2. Tafsir al-jalalayn dijadikan sumber ambilan teks. Manakala Baba Daud al-Rumi membuat tambahan yang diambil daripada Tafsir al-Baydawi dan Tafsir al-Khazin.
Kedua: Ia adalah terjemahan daripada Tafsir al-Baydawi. Antara mereka yang berpendapat demikian ialah Snouck Hurgronje, Rinkes dan Vorhoeve.  Sekalipun Vorhoeve sependapat dengan Snouck Hurgronje dan Rinkes, namun beliau merumuskan bahawa Tarjuman al-Mustafid juga mengambil intipati daripada beberapa kitab tafsir lain seumpama Tafiir al-Baydawi dan Tafiir al-Khazin. Manakala Rinkes pula menambah bahawa sebahagian terjemahan dalam Tarjuman al-Mustafid diambil daripada al-Jalalayn. . selain itu, pentashih Tarjuman al-Mustafid juga berpendapat bahawa ia adalah terjemahan Tafiir al-Baydawi. lni dapat dilihat pada kenyataan mereka di akhir naskhah cetakan Maktabah al-Amiriyyah. Mereka menyatakan bahawa Tarjuman al-Mustafid adalah terjemahan Tafiir alBaydawi tanpa ada tambahan atau pengurangan sedikit pun.  Hakikatnya kenyataan ini tidak dapat disokong sedikitpun kerana bermula seawal surah al-Fatihah sudah kelihatan perbezaan yang sangat ketara dengan tafsir al-Baydawi.
Jalur keluar dua pendapat: kitab ini bukanlah terjemahan tepat daripada al-Baydawi mahupun al-Jalalayn.  Tarjuman al-Mustafid adalah kitab tafsir tersendiri yang merujuk banyak kitab tafsir terdahulu. Bukti ianya dirujuk kepada al-Baydawi hanya tampak jelas pada fadilat surah sahaja. Manakala pada qiraat, perbezaannya sangat ketara. Nama Tafiir al-jalalayn pula hampir tidak dapat ditemui dalam kitab ini. Demikian juga dakwaan Riddel'6 bahawa ia adalah terjemahan daripada al-Jalalayn juga tidak dapat direrima. Sekalipun Tarjuman al-Mustafid bukan terjemahan daripada alBaydawi mahupun al-Jalalayn,namun ia banyak mengambil panduan clan intipati daripada al-Baydawi dan al-Jalalayn. Bukan itu sahaja, ia juga banyak merujuk kepada tafiir al-Khazin clan Manafi' al-Quran. Kenyataan yang lebih sesuai diberikan kepada Tarjuman al-Mustafid ini ialah sebuah kitab tafsir Melayu yang merupakan intertekstualiti daripada beberapa buah kitab tafsir yang ditulis sebelumnya. 
 
F. Metode Penafsiran 

ketika Syekh Abdur Rauf menjelaskan suatu surat, ia memulainya dengan  Menjelaskan kronologis ayatnya terlebih dahulu, artinya menjelaskan nama suratnya, jumlah ayatnya, tempat turunnya, kemudian menjelaskan bagaimana penjelasan Baidhawi terhadap surat tersebut. Setelah itu ketika menjelaskan ayat Abdurrauf memulainya dengan basmalah terlebih dahulu, kemudian baru menjelaskan ayat. Dalam menjelaskan ayat-ayat tersebut, Abdurrauf menjelaskan sesuai dengan urutan ayat dan menjelaskan maknanya secara harfiyah. Tidak disertakan dengan penjelasan-penjelasan seperti hadits-hadits Nabi dan ayat-ayat yang lain yang ada kaitannya dengan ayat tersebut.
Oleh karena itu, untuk menentukan metode penulisan Tafsir Tarjuman al- Mustafid, kita dapat melihat dari dua sudut yaitu sudut cara penafsiran dan sudut makna. Ketika kita menelusuri dari sudut cara penafsiran yang menjelaskan urutan ayat dan penjelasan aspek-aspek serta isi dari kandungan ayat, ini merupakan metode tahlili. Sementara, ketika dilihat dari sudut makna yang dijelaskan dari Tafsir tersebut, metode yang diterapkan dalam penulisan Tafsir tersebut adalah metode ijmali. Karena penjelasannya adalah singkat, padat, mudah dimengerti dan cocok untuk pemula.
Tafsir Tarjuman Al-Mustafid termasuk kepada kategori Tafsir bi al-Ra’yi (menafsirkan al-Qur’an dengan menggunakan nalar)  tanpa mengenyampingkan pendapat atau riwayat dari sahabat atau tabi’in. 

G. Corak Penafsiran 

Abdurrauf As-Singkili dalam menjelaskan ayat-ayat Alquran tidak terpaku hanya pada satu corak penafsiran. Abdurrauf menggunakan corak umum. Artinya, penafsiran yang diberikan tidak mengacu pada satu corak tertentu, seperti fiqih, filsafat, dan adab bil- jtima’i. Namun tafsirnya mencakup berbagai corak sesuai dengan kandungan ayat yang ditafsirkan. Jika sampai pada ayat yang membicarakan hukum fiqih, beliau akan mengungkapkan hukum-hukum fiqih, dan jika sampai pada ayat tentang teologi, pembahasan keyakinan tentang akidah mendapat porsi yang cukup.dan jika sampai pada ayat yang menyebutkan tentang qishah, beliau akan membahasnya dengan porsi yang cukup pula.  Hal ini disebabkan Abdurrauf adalah seorang yang memiliki keahlian dalam berbagai bidang baik ilmu fikih, filsafat, mantiq, tauhid, sejarah, ilmu falak dan politik.  dengan keluasan ilmu yang dimilikinya tidak aneh jika corak penafsiran yang diberikan bersifat umum, walaupun Abdurrauf juga terkenal sebagai penyebar dan mursyid tarekat syattariah namun corak penafsiran yang diberikan tidak terpengaruh pada satu bidang tertentu. 
 
H. Sistematika Tafsir 

Adapun sistematika tafsir Tarjuman Al-Mustafid mengikuti tartib mushafi, yaitu penyusunan kitab tafsir yang berpedoman pada susunan ayat-ayat dan surat-surat dalam mushaf, dimulai dari surat Al-Fatihah, Al-Baqarah, Ali ‘Imran, dan seterusnya hingga surat Al-Nas.  Dalam sistematika ini, Al-Sinkili menguraikan penafsirannya berdasarkan urutan ayat dan surat di dalam mushaf. Ayat-ayat al-Quran dituliskan terlebih dahulu kemudian diberi terjemahan sekaligus tafsir. Jika ada perbedaan qira’at, Al-Sinkili menerangkan dengan membuat faidah. Faidah ini menjelaskan tentang bacaan imam-imam qira’at terhadap ayat-ayat tersebut.
I. Kandungan  Tajuman Al Mustafid
1. Fadilat surah
Syeikh Abdul Rauf menyertakan fadilat surah di awal setiap surah. Ketika membicarakan tentang fadilat surah, Syeikh Abdul Rauf selalu mengambilnya daripada dua kitab iaitu al-Baydawi dan Manafi' alQuran.
2. Riwayat Asbabun Nuzul
Asbabun Nuzul merupakan satu bagian yang banyak mendominasi kandungan Turjumun al-Mustafid. Biasanya perbincangan Asbabun Nuzul  dimulai dengan kisah kemudian diikuti dengan ungkapan: “Maka turunlah firman Allah.” Namun, terdapat juga Asbabun Nuzul l yang tidak dimulai dengan kata kisah tersebut. Ketika membicarakan tentang Asbabun Nuzul, ia banyak merujuk riwayat dari pada Tafsir al-Khazin. Bahkan boleh dikatakan bahwa Tafsir al-Khazin adalah rujukan utama dalam Asbabun Nuzul dibandingkan dengan Tafsir al- al-Baidhawy.
3. Nasikh Mansukh
Abdurrauf al-Singkili saat membahas ayat yang ada hubungan dengan . Nasikh Mansukh, maka ia akan menyebutnya secara tegas. Misalnya saat sampai pada pembahasan QS. Al-Anfal (8):72, dengan tegas dia mengatakan adanya  Nasikh Mansukh.
4. Fiqih
Dalam tafsirnya Abdurrauf al-Singkili juga menjelaskan persolaan fikih, baik yang bersumber dari kitab al-Nihayah, pendapat Imam Syafii dan lainnya.
5. lsrailiyyat
Kisah israiliyyat ini agak banyak dikemukakan dalam tafsir ini. Kebiasaannya kisah ini dimulakan oleh pengarang dengan kalimah “kisah”. Hanya terdapat beberapa kisah israiliyyat sahaja yang disebut dengan agak panjang lebar seperti kisah Nabi Ayub a.s, Nabi Yusuf a.s dan Nabi Sulayman a.s.
Ketika mengemukakan kisah-kisah Israiliyyat ini, pengarang biasanya memulakan dengan perkataan ‘kisah’, kemudian “tersebut dalam al-Khazin”. Tetapi terdapat juga kisah yang tidak dinyatakan bahawa ia diambil daripada al-Khazin seperti cerita Nabi Musa memegang janggut Nabi Harun pada halaman 319. Beliau hanya berkata: “Kisah pada suatu riwayat … “
Apa yang ketara ketika mengemukakan riwayat Israiliyyat ini ialah beliau tidak menyatakan status riwayat tersebut sama ada ia diterima atau tertolak. Namun sebahagian riwayat yang disandarkan kepada al-Khazin seolah-olah memberi isyarat awal bahawa riwayat tersebut boleh dipertikaikan dari segi kesahihannya. Lni memandangkan status tafiir alKhazin yang dipenuhi dengan riwayat israiliyyat. Selain itu terdapat juga riwayat Israiliyyat yang diambil daripada tafsir lain seperti tafsir al-Baghawi sebagaimana pada halaman 270. Namun begitu, tafiir al-Khazin tetap menjadi rujukan utama beliau ketika menukilkan riwayat-riwayat israiliyyat ini.
6. Qiroat
Penggunaan qiraat menjadi bagian yang sangat penting untuk memperkuat analisis dan penafsiran yang dilakukan Abdurrauf al-Singkili. Ketika menjelaskan aspek qiraat, adakalanya ia menjelaskan tafsir berdasarkan perbedaan kiraat itu dan adakalanya tidak dijelaskan apa maksudnnya. Salah satu hal yang menarik ketika menjelaskan perbedaan kiraat dalam Turjumun al-Mustafid adalah, ia dapat dibedakan pada dua metode pemaparan: Pertama: taujih al-qira’ah, yaitu ilmu yang menerangkan kiraat dari sudut tafsir dan tata bahasa Arab. Kedua, uraian perbedaan kiraat yang tidak dijelaskan tafsiran atau maknanya.
Selain itu, perlu dijelaskan pula bahwa aspek qiraat yang terdapat dalam kitab tafsir ini, hanya bergulat pada tiga riwayat: Imam Abu ‘Amr – riwayat al-Duri; Imam Nafi‘ – riwayat Qalun dan Imam ‘Ashim- riwayat Hafs. Secara eksplisit maupun implisit, Abdurrauf al-Singkili tidak menjelaskan pemilihan tiga kiraat riwayat imam tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kitab Tafsir Al-Baghawi

Mengenal Penafsir Nusantara "Syaikh Abdul Halim Hasan Binjai"

Mengenal Penafsir Nusantara "Oemar Bakri"